Blogger Widgets
Selamat datang di blog ANTI REAL MADRID C.F! Blog resmi dari akun twitter @ANTI_RMCF

Senin, 25 Maret 2013

BOIXOS NOIS


Para Boixos Nois adalah kelompok pendukung yang terorganisir di sekitar klub sepak bola FC Barcelona, yang berbasis di komunitas otonom Catalonia Spanyol.
Didirikan pada tahun 1982 itu terdiri dari berhaluan kiri nasionalis Catalan, sampai gelombang skinhead bergabung pada pertengahan 1980-an melihat pergantian orientasi politik dari sosialistik separatisme fasis. Selama bertahun-tahun Boixos Nois berhubungan dekat dengan Barcelona dan kelompok inilah yang menjadi 'juru kampanye' Joan Laporta saat berkampanye untuk menduduki jabatan presiden Barcelona, namun sebagai imbalannya merekapun meminta beberapa fasilitas dari klub, antara lain tempat khusus di stadion Camp Nou (dan kemudian diberikan tempat di belakang gawang sebelah kiri dari podium utama), potongan harga tiket dan fasilitas transport bila Barcelona bertanding away. Hubungan Laporta dengan Boixos yang awalnya sangat erat perlahan memburuk, terutama sejak tahun 2006.

Puncak perseteruan Laporta dan kelompok ini akhirnya meledak setelah kejadian kerusuhan di kandang Espanyol pada tahun 2008, Laporta kemudian melarang kelompok ini masuk ke dalam Camp Nou, tetapi kelompok ini kemudian menyiasatinya dengan bergabung dengan kelompok suporter Barca lainnya yang lebih moderat yaitu ALMOGAVERS 1899, yang berlokasi di kanan podium utama, juga dibelakang gawang. Mereka terkenal di Spanyol untuk perilaku kekerasan dan sering terjadi bentrokan dengan otoritas, dengan beberapa anggota dihukum karena ancaman kematian dan pembunuhan. Semboyan Boixos Nois yang paling terkenal adalah "Fidelitat Blaugrana sense limits", yang berarti kesetiaan pada Barca diatas segalanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar